Selasa, 16 April 2024

Memahami Promotion Mix

Hello manteman, Kali ini saya ingin menulis sedikit wawasan materi yang sudah dijelaskan oleh Dosen pengampu di mata kuliah Integrated Marketing Communication di pertemuan ke-3 yaitu Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.,C.AC., C.PS., C.STMI Mengenai Promotion Mix. Yuk simak bersama!





Promotion mix adalah salah satu konsep penting dalam pemasaran yang dapat membantu perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya melalui berbagai strategi promosi. Dengan strategi ini, brand tidak hanya bisa beriklan di satu jenis promosi saja, tetapi juga dapat menggabungkan berbagai promosi dalam satu campaign secara langsung.


1. Apa Itu Promotion Mix?

Promotion mix adalah kombinasi berbagai alat promosi yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran. Alat promosi ini dapat mencakup iklan, penjualan langsung, promosi penjualan, pemasaran langsung, pemasaran digital, dan berbagai bentuk komunikasi lainnya.


2. Komponen Promotion Mix

  • Periklanan (Advertising): Periklanan melibatkan promosi produk atau layanan melalui media, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet. Dengan penggunaan visual dan pesan yang kuat, perusahaan mencoba menciptakan kesan positif pada pelanggan potensial. Namun, periklanan juga tidak hanya melibatkan iklan di media cetak atau iklan luar ruangan saja, tetapi juga dapat dikombinasikan. 

  • Penjualan Langsung (Personal Selling): Penjualan langsung melibatkan interaksi langsung antara perwakilan perusahaan dan calon pelanggan. Ini mencakup pertemuan tatap muka, panggilan telepon, dan presentasi produk.

  • Promosi Penjualan (Sales Promotion): Promosi penjualan melibatkan penawaran sementara, seperti diskon, kupon, hadiah, dan kontes yang bertujuan untuk mendorong pembelian segera.

  • Pemasaran Langsung (Direct Marketing): Pemasaran langsung melibatkan komunikasi yang ditujukan langsung kepada pelanggan potensial melalui surat, email, pesan teks, atau telepon.

  • Pemasaran Digital (Digital Marketing): Ini mencakup penggunaan platform online, seperti situs web, media sosial, dan kampanye iklan digital untuk mencapai audiens target.

3. Pentingnya Promotion Mix

Berikut ialah beberapa keunggulan menjalankan baur promosi.

1. Meningkatkan kesadaran merek

Melalui promotion mix, entah dengan menjalankan periklanan dan pemasaran digital, perusahaan dapat menciptakan kesadaran merek yang kuat di benak konsumen. Brand atau produk berpotensi untuk terus diingat oleh audiens yang melihat iklan kreatif produk.

2. Mendorong penjualan

Strategi pemasaran melalui baur promosi juga dapat meningkatkan penjualan dalam jangka pendek. Pasalnya, iklan Anda yang tampil di beberapa tempat dan bahkan terus-menerus terlihat dapat mendorong konsumen untuk membeli produk. Anda secara tidak langsung hal itu memicu rasa penasaran mereka, sehingga mau bertransaksi.

3. Membangun hubungan dengan pelanggan

Penjualan langsung dan pemasaran langsung juga membantu perusahaan untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan dan membangun hubungan yang lebih kuat. Akan hadir berbagai emosi yang dapat mengikat hubungan brand dengan konsumennya.

4. Menjangkau target pasar yang beragam

Dengan berbagai alat promosi, perusahaan dapat menjangkau berbagai segmentasi pasar dengan pesan yang sesuai. Misalnya, Anda menjalankan promotion mix dengan beriklan Mobile LED Advertising.


Sekian blog dari saya. Jangan lupa bersyukur untuk hari ini, see you on the next blog teman-teman.


Sumber : 


  1. https://stickearn.com/insights/blog/memahami-promotion-mix 


Source Image: 


  1. https://www.researchgate.net/figure/Gambar-71-Promotion-Mix-Jasa_fig1_331546937 




3 komentar:

  1. Promotion mix perlu bgt buat menunjang kita melakukan promosi

    BalasHapus
  2. Hal kecil tapi penting dalam dunia bisnis yaitu memahami cara mempromosikan produk

    BalasHapus
  3. konsep promotion mix ini sangat menarik untuk dipelajari

    BalasHapus

Keseruan Pelatihan Public Speaking Universitas Mpu Tantular

Halo semuanya, kembali lagi dengan aku Khotimah Mahasiswa semester 3 dari Universitas Mpu Tantular Jakarta.  Pada Blog ini aku akan berbagi ...