Minggu, 23 Juni 2024

Perbedaan antara Strategi Pemasaran dan Rencana Pemasaran

Halo semuanya, Kembali lagi dengan aku Khotimah mahasiswa semester 3 ilmu komunikasi di Universitas Mpu Tantular. Kali ini saya akan membahas kembali tentang IMC bersama dosen pengampu Ibu Serepina Tiur maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.,C.AC., C.PS., C.STM. Akan banyak wawasan atau cerita mengenai IMC di blog ini dan kali ini aku akan membahas tentang Perbedaan antara Strategi Pemasaran dan Rencana Pemasaran. Jadi, Stay Tune di blog aku ya!





Orang sering menggunakan istilah “strategi pemasaran” dan “rencana pemasaran” secara bergantian, namun kenyataannya, keduanya adalah proses yang berbeda.  


Rencana pemasaran menggambarkan tindakan nyata dan taktik pemasaran yang dilakukan untuk menyelesaikan kampanye pemasaran. Sedangkan strategi pemasaran menguraikan gambaran besar suatu upaya pemasaran, seperti pelanggan sasaran bisnis. Strategi menggambarkan apa tujuan pemasaran, sedangkan rencana menggambarkan bagaimana tujuan tersebut akan dicapai.


Misalnya, bayangkan sebuah bisnis e-commerce yang mencoba mengembangkan basis pelanggannya. Mereka memulai program rujukan untuk mendorong promosi dari mulut ke mulut namun hanya sedikit yang berhasil. Jika mereka telah membuat strategi, mereka mungkin menyadari bahwa mereka perlu menjangkau pelanggan potensial baru. Strategi pemasaran digital yang berfokus pada postingan blog yang ditargetkan dan optimasi mesin pencari (SEO) akan memberikan hasil yang lebih baik.


Sekian blog dari saya. Jangan lupa bersyukur untuk hari ini, see you on the next blog teman-teman.


Referensi: 

  1. https://www.coursera.org/articles/marketing-strategy?isNewUser=true


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Keseruan Pelatihan Public Speaking Universitas Mpu Tantular

Halo semuanya, kembali lagi dengan aku Khotimah Mahasiswa semester 3 dari Universitas Mpu Tantular Jakarta.  Pada Blog ini aku akan berbagi ...